Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Anime Secara Historis Paling Penting Sepanjang Masa

10 Anime Secara Historis Paling Penting Sepanjang Masa

Hampir semuanya harus dimulai di suatu tempat. Yang tadinya bukan apa-apa akhirnya akan tumbuh menjadi sesuatu yang indah, meninggalkan warisan yang mengesankan. Tergantung pengaruhnya. Untuk anime, ini secara aktif telah terjadi.

Anime adalah media yang senantiasa menghadirkan pengalaman yang beragam, memberi ruang bagi berbagai emosi dan opini, meninggalkan bekas yang permanen atau sesaat. Dengan anime, kemungkinan pengalaman hampir tidak terbatas.

Kemudian, lebih sering daripada tidak, media telah menempatkan beberapa pengaruh pada individu. Selain pengalaman individu, beberapa anime telah membentuk standar medium itu sendiri. Anime ini telah membuka jalan bagi media yang selalu berubah seperti sekarang ini.

10. Bocah Robot Berjiwa Bernama Atom Memulai Semuanya (Astro Boy - 1963)

Setelah kehilangan putranya Tobio dalam kecelakaan mobil, Profesor Tenma menjadi putus asa dan kehilangan dirinya sendiri dalam proyek terbarunya. Proyek tersebut adalah anak robot, Atom, yang juga merupakan pengganti mendiang putranya.

Akhirnya, Profesor Tenma menjadi tidak senang dengan Atom karena anak robot itu tidak bisa tumbuh dewasa. Jadi, karena tidak senang dengan kasus ini, sang profesor menjual Atom kepada pemimpin sirkus robot yang kejam. Untungnya bagi Atom, dia diadopsi oleh Profesor Ochanomizu yang baik hati yang membesarkannya untuk melawan kejahatan.

10 Anime Secara Historis Paling Penting Sepanjang Masa

Penciptaan kisah pahlawan robot yang menyenangkan ini, Astro Boy, adalah berkat "Dewa Manga" legendaris Osamu Tezuka. Bisa dibilang ini bukan serial anime pertama yang diproduksi, tapi ini adalah anime pertama yang secara terang-terangan memelopori dan mendefinisikan anime Jepang, yang nantinya akan memulai medium secara keseluruhan.

9. Seri Ini Merevolusi Genre Mecha (Mobile Suit Gundam - 1979)

Umat manusia telah pindah ke luar angkasa dan hidup dalam kelompok koloni yang disebut "Sisi". Sebuah deklarasi perang dimulai setelah salah satu koloni menyatakan satu pada pemerintah, Federasi Bumi, yang saat ini memerintah Bumi. Koloni itu memproklamirkan dirinya sebagai "Kerajaan Zeon" dan memiliki robot humanoid yang dikenal sebagai mobile suit yang siap berperang.

Akhirnya, Federasi Bumi mengembangkan mobile suit segera setelah itu dan menyebutnya Gundam. Ceritanya benar-benar dimulai ketika seorang warga sipil berusia 15 tahun terjebak dalam konflik.

10 Anime Secara Historis Paling Penting Sepanjang Masa

Mecha menjadi genre populer di Jepang setelah Perang Dunia II karena negara tersebut mulai mengalami pertumbuhan ekonomi dan teknologi yang pesat. Produksi judul seperti Astro Boy dan Gigantor menentukan fondasi genre. Namun, Mobile Suit Gundam-lah yang benar-benar melahirkan mecha.

8. Nausicaä Membuka Jalan Bagi Pendirian Studio Ghibli (Nausicaä Of The Valley Of The Wind- 1984)

Perang nuklir bencana bernama "Tujuh Hari Api" menghancurkan hampir semua kehidupan di Bumi, dan sekarang umat manusia harus hidup dalam perjuangan terus-menerus. Menanggapi kehancuran perang, hutan berbahaya yang dipenuhi dengan spora beracun dan serangga besar berkembang pesat dan mengancam apa yang tersisa dari umat manusia.

Sebagian dari umat manusia, yang tersisa, tinggal di kerajaan damai yang disebut Lembah Angin dan rumah bagi putri muda, Nausicaä. Kedamaian segera terganggu karena Nausicaä sekarang harus melawan Tolmekians dan melindungi Lembah dari hutan beracun.

10 Anime Secara Historis Paling Penting Sepanjang Masa

Nausicaä Of The Valley Of The Wind adalah anime cantik yang membahas tema serius yang memberikan makna mendalam dan pelajaran hidup bagi orang-orang dari segala usia. Itu ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki yang terkenal, pendiri Studio Ghibli, dan mengilhami penceritaan film-film Ghibli yang dicintai dan dikenal saat ini.

7. Pelopor Genre Shounen Saat Ini (Dragon Ball - 1986)

Kisah Dragon Ball berpusat di sekitar perjalanan hidup Goku. Dia belajar tentang warisan aliennya dan mulai mencari Bola Naga. Jika dia mengumpulkan ketujuhnya, Eternal Dragon Shenron akan mengabulkan satu permintaan. Sepanjang jalan, ia terus-menerus melawan lawan tangguh yang juga mencari Bola Naga. Ini adalah kisah berkelanjutan dari cerita ini dan perangkat plot melengkung lainnya.

10 Anime Secara Historis Paling Penting Sepanjang Masa

Ini bukan yang pertama dari jenisnya di Jepang tapi pasti membuka jalan bagi anime untuk membuat tanda di Barat. Serial ini mempelopori fondasi mayoritas anime shounen saat ini.

6. Memperkenalkan Cyberpunk ke Anime (Akira - 1988)

Sebuah ledakan memusnahkan sebagian besar kota Tokyo dan mengarah ke Perang Dunia III pada tahun 1988. Sekarang tahun 2019, dan kota, Neo-Tokyo, adalah versi yang dipulihkan. Namun, terlepas dari pemulihannya, Neo-Tokyo adalah dunia cyberpunk geng dan distopia yang sarat kejahatan.

10 Anime Secara Historis Paling Penting Sepanjang Masa

Salah satu gengnya adalah "The Capsules", dan dua anggotanya juga merupakan karakter utama dalam cerita. Beberapa peristiwa mengarah ke yang lain, dan ledakan dari sebelumnya akan terjadi sekali lagi.

Akira mendobrak stigma "semua animasi untuk anak-anak" dengan memperkenalkan tema dewasa dan citra grafis ke media. Belum lagi mempopulerkan genre cyberpunk dan mempengaruhi terobosan dalam narasi khas untuk industri itu sendiri.

5. Kontributor Terbesar The Magical Girl Trope (Sailor Moon -1992)

Kisah Sailor Moon dimulai dengan seorang siswi biasa, Usagi Tsukino. Kemudian setelah dia menyelamatkan Luna, seekor kucing dengan tanda bulan sabit di kepalanya, hidupnya berubah selamanya. Itu adalah takdir baginya untuk bertemu Luna karena dia ditakdirkan untuk menjadi penjaga galaksi, Sailor Moon.

10 Anime Secara Historis Paling Penting Sepanjang Masa

Sekarang dia menggunakan kekuatannya untuk mengalahkan monster jahat. Semua sambil menemukan putri yang hilang dari Kerajaan Bulan, Penjaga Pelaut lainnya, dan Kristal Perak Legendaris untuk menyelamatkan Bumi dari kehancuran.

Anime gadis magis pertama adalah Sally the Witch pada tahun 1966 tetapi, Sailor Moon menjadi anak poster untuk genre tersebut setelah pemutaran perdana pada tahun 1992. Sejak itu, telah menjadi kontributor paling berpengaruh terhadap popularitas berkelanjutan dari genre gadis penyihir di anime.

4. Robot Humanoid Dan Filosofi Keberadaan Seseorang (Neon Genesis Evangelion - 1995)

Dunia berada di ambang kehancuran, dan harapan terakhir umat manusia terletak di tangan agen bernama Nerv dan robot humanoidnya. Robot tersebut bernama Evangelions dan merupakan mesin raksasa yang mampu mengalahkan para Malaikat yang mengancam Bumi.

10 Anime Secara Historis Paling Penting Sepanjang Masa

Nerv mencari kandidat potensial yang akan menyinkronkan dan mengemudikan Evangelions untuk melindungi Bumi dari kehancuran. Sekarang Shinji Ikari yang berusia 14 tahun dan pilot lainnya memiliki nasib kemanusiaan di pundak mereka dan menderita kerusakan psikologis sepanjang seri.

Neon Genesis Evangelion memperkenalkan pengalaman baru pada genre mecha dan anime itu sendiri. Ini adalah anime mecha yang mengambil narasi mendasar dari robot yang dikemudikan dan menambahkan eksplorasi mendalam tentang apa artinya menjadi manusia di tengah kiamat. Dengan eksplorasi kemanusiaan dan tema seperti trauma, seri ini melahirkan perangkat plot baru yang tak terhitung jumlahnya dan menyediakan template untuk anime selanjutnya untuk diikuti.

3. Pengambilalihan Cyberpunk Lain (Ghost In The Shell - 1995)

Kota Niihama adalah kota metropolitan yang berteknologi maju, dan peningkatan cybernetic adalah hal biasa bagi warganya. Juga, narasi sentral untuk Ghost in the Shell. Untuk melindungi perubahan interkoneksi yang berkembang ini, keamanan publik kota, Bagian 9, bertanggung jawab untuk memerangi segala ancaman.

Saat ini, Bagian 9 sedang menangani kasus peretas misterius yang disebut "Tuan Boneka" yang dapat melucuti ingatan korban, dan Mayor Motoko Kusanagi adalah pemimpin kasus tersebut.

10 Anime Secara Historis Paling Penting Sepanjang Masa

Sepanjang plotnya, Motoko dan bawahannya, bersama dengan yang lain, harus menghadapi sifat rumit dari kasus ini karena memunculkan banyak pertanyaan filosofis.

Mirip dengan tema cyberpunk Akira dan filosofi keberadaan Neon Genesis Evangelion, Ghost in the Shell menginterpolasi kedua aspek dengan cukup baik. Ini adalah narasi sukses yang menginspirasi anime setelahnya dan bahkan film seperti The Matrix.

2. Anime Pertama Mayoritas Tanpa Diketahui (Pokemon - 1997)

Ada dunia di mana berbagai makhluk dari berbagai jenis, yang disebut Pokémon, ada, dan seorang bocah lelaki berusia 10 tahun, Ash Ketchum, bermimpi untuk "menangkap mereka semua." Cerita dimulai dengan mimpi Ash untuk menjadi Master Pokémon, tetapi dia harus terlebih dahulu mendapatkan lisensi Pokémonnya dan memilih Pokémon pertamanya.

Ash datang terlambat, dan yang tersisa hanyalah Pokémon, Pikachu. Kemudian mulailah kisah Ash dan Pikachu saat mereka memulai perjalanan mereka untuk menjadi yang terbaik.

10 Anime Secara Historis Paling Penting Sepanjang Masa

Pokémon dimulai sebagai sebuah game, dengan angsuran pertamanya dalam seri video game adalah Pokémon Red and Green. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan waralaba ke Barat, jadi anime adalah media yang digunakan untuk melakukannya. Produksinya sukses besar, sehingga membuat Pokémon menjadi anime yang dicintai oleh semua orang dan salah satu waralaba video-game terbesar hingga hari ini.

1. Ini Memantapkan Pengaruh Anime di Barat (Cowboy Bebop- 1998)

Bumi sekarang menjadi planet yang tidak dapat dihuni sehingga, umat manusia telah menjajah beberapa planet dan bulan lain untuk melanjutkan kehidupan, dan dalam luasnya ruang, aktivitas kriminal sering terjadi. Jadi, untuk menjaga perdamaian, Polisi Antar Tata Surya dan pemburu hadiah yang disebut "Koboi" saling membantu.

Dua protagonis di Bebop adalah "Koboi" itu sendiri. Nama mereka Spike Spiegel dan Jet Black, dan pasangan ini mencari nafkah dengan mengejar hadiah dan mengumpulkan hadiah. Bersama dengan anggota baru, mereka bertemu dalam perjalanan mereka.

10 Anime Secara Historis Paling Penting Sepanjang Masa

Cowboy Bebop adalah film klasik luar angkasa Barat yang menghadirkan anime yang memukau penonton. Dengan tema jazz dan luar angkasa yang luar biasa, serial ini memantapkan dirinya sebagai bahan pokok dalam komunitas anime dan pengenalan anime yang sempurna kepada penonton di Barat. 

Posting Komentar untuk "10 Anime Secara Historis Paling Penting Sepanjang Masa"